By October 17, 2016 0 Comments Read More →

MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI DAN PEMELIHARAAN GEDUNG (BUILDING MAINTENANCE)

MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI DAN PEMELIHARAAN GEDUNG  (BUILDING MAINTENANCE)
Jakarta | 09 – 10 November 2016 | Rp 4.000.000
Jakarta | 25 – 26 November 2016 | Rp 4.000.000

 

Deskripsi Training Manajemen Proyek Konstruksi dan Pemeliharaan Gedung

Proyek diartikan sebagai suatu kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu, dengan alokasi sumber daya terbatas dan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas yang telah ditentukan. Keberhasilan suatu proyek bergantung pada sejauh mana proyek tersebut dapat memenuhi kriteria keberhasilan proyek. Kriteria tersebut antara lain : Manfaat proyek, Kualitas proyek , jangka waktu penyelesaian dan biaya yang dikeluarkan.

Proyek merupakan interaksi yang rumit antara faktor manusia, material, peralatan, metoda, modal dan manajemen. Oleh karena itu, agar proyek dapat berjalan dengan baik dan memenuhi kriteria di atas, maka diperlukan kesiapan sumber daya manusia yang akan menanganinya. Di dalam workshop  ini akan dibahas konsep dan aplikasi manajemen proyek secara sistematis sehingga memberikan manfaat wawasan yang komprehensif mengenai manajemen proyek.

Pelatihan ini juga memeberikan wawasan kepada peaserta terkait dengan Maintenance of Building,  ini, untuk dapat mempertahankan kinerja bangunan gedung, diperlukan suatu perencanaan pekerjaan pemeliharaan setiap elemen secara cermat dan tepat. Perencanaan pekerjaan pemeliharaan dapat meliputi penetapan jenis maupun periode waktu pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan. Juga perlu ditetapkan standar kinerja yang akan menjadi acuan dan tolak ukur penilaian setiap elemen. Melalui pelatihan ini para peserta dilatih untuk memahami bagaimana melakukan pemeliharaan gedung secara efektif dan efisien

Workshop ini akan memberikan wawasan dan kemampuan kepada peserta dalam menhadapi tantangan proyek dari tahapan awal hingga akhir (closing) proyek dan maintenance building. Workshop ini dirancang dengan mendasarkan pada interaksi intensif antara peserta dan fasilitator.

 

Tujuan Training Manajemen Proyek Konstruksi dan Pemeliharaan Gedung

  • Peserta mengerti dan dapat memahami arti, tujuan dan fungsi manajemen proyek
  • Peserta mampu melakukan perencanaan proyek secara memadai
  • Peserta mampu menerapkan dan menjalankan perencanaan proyek dalam aktifitas-aktifitas operasional
  • Peserta mampu melaksanakan pengawasan (control and monitoring) terhadap kegiatan pelaksanaan proyek
  • Peserta memahami konsep evaluasi dan perbaikan kinerja proyek
  • Peserta memiliki wawasan dalam penyelesaian permasalahan dan hambatan proyek
  • Peserta mendapatkan wawasan kepemimpinan (leadership) dalam pelaksanaan proyek
  • Peserta mampu mendefinisikan resiko-resiko yang terkait dengan proyek
  • Memahami pengelolaan gedung secara efektif dan efisien
  • Memahami aspek hukum dan administratif dalam pengelolaan gedung
  • Memahami pengoperasian/pemeliharaan/perbaikan peralatan gedung standar
  • Memahami jenis-jenis pekerjaan pemeliharaan (rutin, periodik, perbaikan, penggantian)
  • Memahami bagaimana membuat perencanaan pekerjaan pemeliharaan
  • Memahami pekerjaan pemeliharaan elemen bangunan
  • Memahami tahapan audit struktur dan perkuatan struktur
  • Memahami pemeliharaan hidrant, AC, plumbing, lift dan escalator

 

Peserta Pelatihan Training Manajemen Proyek Konstruksi dan Pemeliharaan Gedung

  • Staf dan pimpinan bagian perencanaan
  • Staf pimpinan pelaksana proyek
  • Staf dan pimpinan bagian operasional
  • Staf dan pimpinan bagian anggaran

 

Durasi   :  2 Hari

 

Paparan Materi  Training Manajemen Proyek Konstruksi dan Pemeliharaan Gedung

Konsep dasar Manajemen Proyek

Karakteristik manajemen proyek, Manajemen proyek dan organisasi, Perencanaan dan keputusan strategis pada tahap persiapan proyek, Orientasi permasalahan, Sumber daya manusi

Analisis dan Evaluasi Proyek

Maksud analisis dan evaluasi proyek, Persiapan proyek, Pelaksanaan proyek, Konsep Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio (BCR) dan Internal Rate of Return (IRR), Minimum Attractive Rate of Return (MARR), Analisis sensitivitas

Perencanaan Proyek

Definisi proyek, Penyusunan jadwal, Network Planning, Critical Path Method(CPM), Program Evaluation dan Review Techniques (PERT), Pert – Cost Analysis, Peragaan penggunaan software untuk CPM dan PERT.

Anggaran Proyek

Teknik penyusunan anggaran proyek, Perkiraan biaya dan anggaran proyek, Analisis sensitifitas / variasi / eskalasi proyek

Teknik Crash Program

Kriteria Crash Program, Teknik dan optimasi crash program dengan linear programming, Analisa biaya crash program, Praktikum crash program dengan software linear programming.

Pengendalian Proyek

Dasar dan tujuan pengendalian proyek, Kurva S, Pengendalian waktu dan biaya, Pengendalian kontraktor, Pengendalian mutu.

Manajemen Logistik Proyek

Pentingnya dukungan logistik proyek, Perencanan kebutuhan barang, Optimasi persediaan barang, Pengadaan barang, Pergudangan dan distribusi, Diskusi tentang permasalahan di masing – masing perusahaan

 

Studi kasus manajemen proyek secara terpadu

Analisis Investasi, Contoh Penyelesaian Project Crashing, Earned Value, Leveling, Resource Conflict (After Leveling), Dll

 

Pemeliharaan Gedung (Building Maintenance)

  • Manajemen pemeliharaan Bangunan Gedung
  • Pemeliharaan dinding, plafon, dan lain-lain.
  • Audit Struktur dan perkuatannya
  • Korosi serta penanggulangannya
  • Pemeliharaan hidrant dan AC
  • Pemeliharaan sistem plumbing
  • Pemeliharaan lift dan eskalator
  • Metode Non Destructive Test untuk pengujian struktur existing

 

PROFILE TRAINER :

Dr. Fauzi Hasan

Memiliki pengalaman yang luas dalam IT Service Management (ITSM)  selama lebih dari 20 tahun dengan implementasinya pada beragam industri dari industri telekomunikasi hingga manufakturing.Dr.Fauzi Hasan telah menunjukkan dedikasi penuh dan  tak henti-hentinya terlibat didalam penerapan service management dan ITIL seperti yang ditunjukkan oleh keterlibatannya  yang luas dalam banyak proyek implementasi ITIL dan penerapan ISO 20000 (ITSM).

Eksposur industri dan cakupan pengalaman implementasi  berada dalam lingkup perusahaan berbasis teknologi tingkat menengah sampai  industri berbasis padat teknologi tinggi dengan  spektrum service delivery yang luas sesuai  kebutuhan proses bisnis.

Dr.Fauzi Hasan telah memberikan  kontribusi langsung untuk penyelesaian dan keberhasilan penerapan ITIL diberbagai bidang industri seperti: perbankan, Teknologi Informasi dan Telekomunikasi, manufaktur, industri Minyak dan Gas Bumi, dan industri jasa lainnya.

Pengalamannya terkait beragam model proses bisnis dan industri  telah membantu Dr.Fauzi dalam menerapkan ITSM dan ITIL dengan efektif.

Dr.Fauzi Hasan adalah seorang profesional yang berdedikasi di bidang teknologi infiormasi khususnya ITSM,dan kaya dengan pengalaman praktis dan kerangka kerja yang efektif yang tercermin dalam praktek konseptual dan pelaksanaan ITSM dan pemetaan ITIL pada beragam industri.

Dia telah ditunjuk sebagai trainer bagi  berbagai organisasi pelatihan Internasional seperti EXIN, ISACA, EC-Council dan lain sebagainya. Kualifikasi sebagai pengajar ITIL ditunjukkan dengan dimilikinya sertifikasi internasional Approved Trainer ITIL, dan sebagai implementor ITIL ditujukkan dengan dimilikinya sertifikat internasional ITIL Expert.

Dr. Fauzi Hasan  adalah dosen senior untuk Tata Kelola TI (IT Governance) di program pasca sarjana universitas Indonesia di Jakarta dan beberapa universitas di Asia Pasifik, dan terlibat dalam  beberapa proyek besar di beberapa negara(Saudi Telecommunication Services) di Riyadh, Orascom di Mesir,dan beberapa  lainnya di Asia Pasifik, dan  termasuk BUMN besar dan bank swasta di Indonesia (Pertamina, Bank Danamon, dll,)

Dalam karirnya Dr.Fauzi Hasan juga memberikan  jasa konsultasi yang terkait untuk SupplyChain Management, keamanan TI dan tata kelola, pemodelan proses bisnis, audit TI, manajemen rantai pasokan (supply chain management), dan manajemen pemulihan bencana.

Dia memiliki eksposur yang ekstensif dan  pada  business process re-engineering, pemodelan dan implementasi teknologi informasi, demikian juga memiliki spesialisasi dalam Enterprise Resource Planning (ERP) dan jaringan telekomunikasi.

 

Jadwal Pelatihan:

  • 25 – 26 November 2016

 

Investasi :

Rp. 4.000.000,-

termasuk materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

 

Tempat :

Hotel Harris Tebet / Puri Denpasar Hotel, Jakarta Selatan

 

 

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

About the Author:

http://www.twitter.com/avisdjamal

Post a Comment