By August 7, 2011 0 Comments Read More →

Penyusunan manual bisnis proses sistem pengendalian internal dan Sistem Informasi Akuntansi Perhotelan

Penyusunan manual bisnis proses sistem pengendalian internal
dan Sistem Informasi Akuntansi Perhotelan

Banana Inn Hotel & Spa Bandung / Grand Seriti Hotel Bandung | Jumat, 11-11-2011 – Sabtu, 12-11-2011 | Rp. 2.750.000,-


Training Description :
Tujuan perusahaan pada umumnya adalah memenuhi kepentingan stakeholder melalui meningkatkan menilai perusahaan, dimana dalam meningkatkan nilai perusahaan maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan laba. Dengan memperoleh laba yang maksimal, maka perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan dapat terus berkembang serta memberikan pengembalian yang menguntungkan bagi para pemiliknya. Investor juga menilai peningkatan laba adalah pertanda baik bagi keuangan perusahaan sehingga nantinya meningkatkan laba. Namun dalam kondisi persaingan yang terus meningkat pada masa sekarang ini, tujuan tersebut tidak mudah untuk dicapai. Manajemen perusahaan dituntut untuk dapat mengelola sumber daya yang dimilikinya dengan lebih efektif dan efisien serta dapat menghasilkan keputusan yang menunjang terhadap pencapaian tujuan perusahaan tidak terkecuali bagi perusahaan seperti usaha industri perhotelan.

Penyusunan bisnis proses dan sistem informasi Akuntansi bisnis perhotelan juga merupakan salah satu basis kegiatan yang perlu dikembangkan, oleh karena bisnis perhotelan juga sudah seharusnya dikelola secara lebih profesional. Sistem informasi akuntansi yang akurat dan bisnis proses yang terintegrasi dengan berbagai departemen terutama pada departemen food & beverages, membuat para pengusaha bisnis perhotelan menjadi semakin nyaman untuk menjalankan bisnisnya, sekalipun dari lokasi yang jauh. Penerapan sistem informasi akuntansi dengan proses bisnis yang fleksibel dan selalu seiring dengan ‘waktu’ pada sistem, menjamin Anda terhindar dari kekeliruan hasil penagihan kepada para tamu yang menginap. Selain itu, sistem informasi akuntansi serta bisnis proses dengan bantuan grafis (flow chart) untuk secara tidak langsung dapat menentukan ketersediaan ruang kamar dan pencarian fasilitas kamar yang sesuai dengan keinginan calon tamu serta tarif yang cocok, menjadikan aplikasi sistem informasi akuntansi dan bisnis proses yang sangat nyaman yang secara tidak langsung dapat digunakan oleh para staf front office untuk menjaga tingkat okupansi hotel menembus target yang ditetapkan.

Akuntansi perhotelan memiliki tujuan di luar penyajian posisi keuangan historis sebuah hotel. Tepat waktu informasi akuntansi, baik yang disajikan, adalah informasi bahwa manajemen dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang dan membandingkan pendapatan dan pengeluaran untuk kinerja masa lalu dan tujuan masa depan. Sistem Informasi akuntansi, didukung oleh bisnis proses yang sesuai, digunakan untuk menyajikan informasi keuangan.. Sistem informasi akuntansi dan bisnis proses akan membantu manajer klien aset dalam penyusunan laporan internal mereka. Akuntansi Data diolah menggunakan sistem informasi akuntansi dan bisnis proses yang tepat. Pada sistem informasi akuntansi dan bisnis proses, kontrol internal dan kas yang ketat, dikombinasikan dengan tanggung jawab manajer yang kuat, merupakan kunci untuk memaksimalkan keuntungan.

Dalam rangka mempertahankan keberlangsungan perusahaan hotel, salah satunya melalui maksimisasi profit, perusahaan hotel berusaha meningkatkan pendapatannya dan memonitor biaya atau pengeluarannya agar setiap aktivitas di dalam perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan perusahaan hotel untuk mengawasi dan memastikan setiap kegiatan dapat berjalan secara efektif dan efisien ialah melalui pembentukan fungsi efektif yang menyusun suatu manual, bisnis proses (bispro) serta sistem pengendalian internal yang berguna mengontrol setiap proses dalam perusahaan terawasi dan terevaluasi dengan baik. Pengendalian internal atas pelaporan keuangan merupakan salah satu sistem pengendalian internal untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan hotel telah disusun melalui proses yang telah termonitor dengan baik sekaligus kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Untuk memenuhi kebutuhan hotel dalam rangka memastikan setiap proses bisnis di dalam hotel dapat berjalan secara rapi, maka diperlukan peningkatan keahlian dan kompetensi melalui suatu pelatihan penyusunan manual sistem pengendalian internal, sistem informasi akuntansi dan pembentukan fungsi bisnis proses sistem pengendalian. Workshop ini akan mengupas sistem akuntansi hotel secara terintegrasi untuk lebih memahami praktik akuntansi di organisasi hotel secara utuh. Pelatihan memberi gambaran aktivitas usaha hotel secara utuh disertai contoh-contoh secara sederhana dan jelas dalam praktik system informasi akuntansi dan bisnis proses yang tepat dalam bisnis perhotelan.



Tujuan:

  1. Memahami pentingnya memastikan strategi perusahaan hotel dipedomani dan dikomunikasikan kepada seluruh karyawan hotel dan pentingnya seluruh unit kerja diintegrasikan untuk menciptakan interdependensi yang kuat dalam mencapai sasaran unit kerja hotel.
  2. Memahami Kebijakan perusahaan, Process Map (Best Practices) dianalisis dalam menyusun Rancangan Process Kebijakan hotel
  3. Memahami Best Practice, dan Kajian Process kebijakan dan panduan manajemen dianalisis dalam menyusun Rancangan process kebijakan dan dan panduan manajemen Rancangan Pengelolaan Internal Control Inisiatif Penyediaan Kebijakan proses hotel
  4. Memahami Kebijakan tata kelola manajemen (Good Coorporate Governance) sistem kebijakan kepemimpinan, & laporan pengawasan dievaluasi dalam menyusun inisiasi process pengawasan laporan peningkatan & implementasi kebijakan hotel
  5. Memahami kebijakan perusahaan, bisnis proses (flow chart), dianalisis dalam menyusun rancangan kebijakan dan panduan manajemen dan memahami peraturan dan kebijakan manajemen hotel dianalisis dalam menyusun rancangan bisnis proses



Outline :

  1. Bisnis proses dan proses bisnis hotel
  2. Sistem pengendalian internal (internal control system) hotel
  3. Unit bisnis proses (business effectiveness unit) hotel
  4. Proses dan dukungan manajemen keseluruhan (enterprise wide process management & support) hotel
  5. Dukungan dan proses manajemen (business unit process management & support) hotel
  6. Manajemen kualitas perusahaan (enterprise quality management) hotel
  7. Kebijakan Manajemen Resiko (risk management) hotel
  8. Pengendalian internal atas pelaporan keuangan (internal control over financial reporting) hotel
  9. Good corporate management hotel (tata kelola perusahaan yang baik)



Who should attend ?
Manajemen Perusahaan hotel, Manajer Resiko hotel. Manajer bisnis proses hotel, Manajer sistem pengendalian internal hotel, Akuntan, Akuntan manajemen hotel, manajemen perusahaan hotel, karyawan akuntansi keuangan hotel, karyawan akuntansi manajemen hotel, karyawan kebijakan akuntansi hotel, para karyawan perusahaan bagian keuangan dan adminstrasi hotel lainnya
Course Leader :



Course Leader :
SURYA MARDI DOMINIC SE.,AK.,MM.,BAP (CAND.),DIP. IFR
Narasumber adalah seorang praktisi dan akademisi di bidang akuntansi, audit dan pengendalian internal. Beliau lulus Pendidikan Profesional Akuntan, Sertifikasi Profesional Internal Audit dan Information System Audit, Universitas Indonesia serta kandidat Berakreditasi Akuntan Publik. Pendidikan terakhir adalah S2, Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan memiliki spesialisasi di bidang Manajemen Resiko dan Analisa Keuangan serta lulus sertifikasi Diploma International Financial Reporting Standard (IFRS). Selain aktif sebagai pembicara seminar dan anggota organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), beliau saat ini menjabat sebagai Senior Officer Financial Reporting Manager di BUMN Indonesia terdaftar pada Bursa Efek New York dan Indonesia dimana sebelumnya bekerja pada senior level di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four terbesar.

TIM PRAKTISI DAN PENGAJAR  TRAINING
Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.
Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.


Jadual & Lokasi :

  • Jumat, 11-11-2011 – Sabtu, 12-11-2011
  • Banana Inn Hotel & Spa Bandung / Grand Seriti Hotel Bandung


Fee/Investasi :

  • Rp 2.750.000,- (Full Fare)
  • Early Bird Rp 2.600.000 untuk pembayaran sebelum tanggal 04 November  2011
  • Untuk pendaftaran Group sebesar Rp 5000.000 untuk pendaftaran  2 orang peserta 
  • BONUS ! ! SOUVENIR MENARIK DAN DOOR PRIZE

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

About the Author:

Post a Comment