By October 23, 2014 0 Comments Read More →

Proses Tutup Buku (Closing) Efektif & Efisien

Proses Tutup Buku (Closing) Efektif & Efisien
untuk hasil laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu

Aryaduta Hotel Semanggi/Swiss-Belhotel, Jakarta  | 03 December 2014 | Rp 3.795.000

 

Latar Belakang:

Suatu perusahaan dengan berbagai unit kegiatan usaha, setiap periode harus mempertanggungjawabkan kegiatan serta hasil pengelolaan dan kinerja keuangannya kepada manajemen  sebagai pengelola perusahan. Selanjutnya, manajemen atau dewan direksi perusahaan akan mempertanggungjawabkan hasil pengelolaan keuangan dan kinerja perusahaan tersebut kepada pemegang saham sebagai pemilik perusahaan.. Hasil pengelolaan yang dicapai oleh manajemen tercermin dalam laporan posisi keuangan (neraca), laporan laba rugi komprehensif, dan laporan keuangan lainnya setiap periodenya. Keseluruhan laporan keuangan tersebut digunakan sebagai tolak ukur untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan dan keuangan unit kegiatan usaha perusahaan. Laporan laba rugi kompehensif merupakan laporan yang menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dalam  rangka mengelola asset perusahaan yang ada. Dalam Standar Akuntansi Indonesia, semua akun pada akhir periode harus dilakukan penutupan (tutup buku). Secara umum proses tersebut merupakan disebut dengan jurnal penutupan atau proses tutup buku.

Proses  tutup buku atau closing  seharusnya secara ideal dapat dilakukan secara baik, akurat, serta tepat waktu. Hal-hat tersebut perlu dilakukan setiap bulan atau triwulanan, atau semesteran maupun akhir tahun untuk menyusun laporan keuangan serta laporan informasi keuangan lainya untuk kebutuhan pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Bagaimana seharusnya melaksanakan Proses Tutup-Buku (Closing The Book) secara efektif dan efisin setiap akhir bulan, triwulanan, semesteran atak akhir tahun untuk memperoleh laporan keuangan yang akurat secara cepat dan tepat Waktu.

Adalah keharusan bagi fungsi akuntansi untuk setiap bulannya ataupun triwulan atau semesteran dan akhir tahun untuk menyusun laporan keuangan dan laporan – laporan lainnya yang dibutuhkan oleh pihak ketiga (eksternal) dan perusahaan (internal). Proses menyusun laporan keuangan tersebut seharusnya melalui proses closing. Berbagai hal-hal yang menjadi tantangan bagi manajemen beserta jajaran khususnya bagian keuangan adalah bagaimana melakukan proses tutup buku secara periode dan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu.

Workshops ini akan memberikan jawaban atas hal-hal tersebut melalui penyajian teknik-teknik yang dapat diterapkan untuk melakukan proses tutup buku (closing) tersebut secara komprehensif dan mendetail sehingga memperoleh laporan yang tepat, akurat dengan waktu yang tidak terlalu lama (tepat waktu).

 

Outline Materi:

  1. Pemahaman dan pengenalan proses tutup buku (Konsep proses tutup buku penyusunan laporan keuangan: menentukan tutup buku secara cepat)
  2. Penyusunan dan perencaan waktu tutup buku secara cepat(Standard Operasi Prosedur tutup buku (closing): komunikasi antar unit dan departemen utuk tutup buku secara tepat
  3. Jenis dan langkah Aktivitas Pendukung Closing (menerapkan cara dan implementasi tutup buku secara tepat):
      • Saldo buku besar (trial balance): cek saldo, eliminasi, offset, dst.
      • Pengendalian buku besar: akrual, dibayar dimuka, pembalikan, koreksi dst
      • Finalisasi tutup buku
  4. Pemahaman penyiapan penyusunan laporan keuangan (financial reporting)
      • Struktur dan Isi  Laporan Posisi Keuangan (Neraca)
      • Struktur dan isi Laporan rugi-laba
      • Laporan keuangan lainnya
  5. Pemanfaatan Informasi Keuangan  dan evaluasi serta analisa proses dan kebutuhan penyusunan laporan keuanga (checklist)
  6. Penyiapan dan optimalisasi laporan untuk kebutuhan: Internal (perusahaan) dan eksternal (tujuan Perpajakan, auditor,dst)
  7. Prinsip akutansi yang berlaku Umum (GAAP)
  8. Praktik akuntansi dan keuangan yang terbaik untuk penyusunan dan persiapan laporan keuangan perusahaan untuk seluruh fungsi dan siklus pelaporan keuangan :  proses peningkatan percepatan penyusuan laporan keuangan yang berkesinambungan, manual kebijakan prosedur tutup buku serta aplikasinya.

 

Metode Pelatihan :

Workshop dibahas terkait konsep, berbagi pengalaman dan diskusi termasuk latihandengan menggunakan metode presentasi dalam penyampaian kerangka teoritis dan konsep yang mendukung. Beberapa contoh studi kasus diberikan untuk mendalami teknik aplikasinya., Pada sesi workshop diarahkan dalam membuat tindak lanjut untuk menentukan rencana yang akan diterapkan setelah kembali ke dalam praktiknya dalam lingkungan pekerjaan tutup buku laporan keuangan (closing)

 

 Manfaat Pelatihan:

Setelah mengikuti workshop  ini, peserta diharapkan untuk dapat mengelola dan melakukan proses tutup buku secara efesien dan efektif baik pada setiap akhir bulan atau akhir tahun. Peserta akan mendapatkan tips dan teknik aplikatif dalam melakukan proses tutup buku yang akurat, cepat tepat waktu melalui pemahaman tentang teknik-teknik dalam mengefisiensikan proses closing, pengetahuan dan teknik dalam, pengetahuan bagaimana, mengidentifikasikan potensial improvement dan mengaplikasikannya secara tepat, mengevaluasi time lines dan komponenkomponen dalam proses closing serta Teknik dalam mengalokasikan resources dan membina kerja sama yang efektif dengan departement lain yang terkait.

Selain itu pasca pelatihan peserta akan memahami proses closing the book baik setiap bulan maupun proses akhir tahun dan pentingnya melakukan proses  tutup buku dengan baik, akurat dan tepat waktu, Mengembangkan proses tutup buku dan kebutuhan dokumen dan pelaporan penunjang dalam proses closing, meningkatkan pemahaman tentang kebutuhan departemen untuk laporan keuangan serta kebutuhan aktifitas pendukung proses closing, laporan–laporan apa saja yang dibutuhkan, mempelajari tatacara mengetahui apakah proses closing sudah dilakukan dengan benar, menyediakan data dengan akurat dan tepat waktu guna proses tutup buku setiap bulan dan akhir tahun dan memahami proses singkat dalam memeriksa hasil closing dan meyakinkan bahwa laporan keuangan sudah baik dan benar, kebutuhan proses closing akhir tahun, bagaimana hubungan year end closing dengan Tax Planning, bagaimana membuat checklist untuk proses closing dan pembagian tugas-tugasnya, bagaimana membuat S.O.P closing, proses audit laporan keuangan,bagaimana membuat laporan – laporan akhir tahun untuk kebutuhan eksternal serta meningkatkan komunikasi dengan pihak internal dan eksternal

 

Target Peserta:

Manajer keuangan dan eksekutif bagian keuangan dan akuntansi , Controller, Akuntan, manajemen akuntansi,  senior dan junior bagian keuangan akuntasi, Manajer Keuangan,  karyawan staff, supervisor, Bagian Kontrol Keuangan, bagian internal control, internal audit, bagian kebijakan keuangan, bagian manajemen keuangan (budgeting), treasury, bagian sistem IT keunagan dan prosedur, dan professional keuangan lainnya serta peminat lainnya.

Workshop Leader :

Surya Mardi Dominic

Surya Mardi Dominic, seorang profesional, praktisi dan akademisi di bidang akuntansi, audit dan pengendalian internal. Beliau lulus Pendidikan Profesional Akuntan, Sertifikasi Profesional Internal Audit dan Information System Audit, Universitas Indonesia serta  kandidat Berakreditasi Akuntan Publik (CPA). Pendidikan terakhir adalah S2, Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan memiliki spesialisasi di bidang Manajemen Resiko dan Analisa Keuangan serta lulus sertifikasi Diploma International Financial Reporting Standard (IFRS). Selain aktif sebagai pembicara seminar dan anggota organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dosen di Universitas Padjajaran dan berbagai Universitas dan lembaga pendidikan pelatihan seminar lainnya, beliau saat ini menjabat profesional sebagai Senior Officer Financial Reporting Manager di BUMN Indonesia terdaftar pada Bursa Efek New York dan Indonesia dimana sebelumnya bekerja pada senior level di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four terbesar.

FEE :

  • Rp. 2750000,- (Group; REG for 3 person/more; payment before H-7)
  • Rp. 2950000,- (Early Bird; REG before H-7; payment before H-7)
  • Rp. 3450000,- (On The Spot; payment on the day)
  • Rp. 3795000,- (Full fare)

Add. charge 10 % will be applied for max 1 month late payment. And 20 % for payment after 1 month.

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

About the Author:

http://www.twitter.com/avisdjamal

Post a Comment