School of Risk Management: Enterprise Risk Management Basic Program (PASTI JALAN)

School of Risk Management: Enterprise Risk Management Basic Program

Learning Centre , Jakarta | Monday – Friday | 26 – 30 Jul, 2010 | 09:00-16:00 WIB | Rp. 6.750.000

Tujuan Program

Program ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan akan penguasaan kompetensi di bidang manajemen risiko. Kompetensi yang hendak dibangun melalui program ini mencakup pemahaman (comprehension), analisis (analytical skill), manajerial (management skill), kepemimpinan (leadership skill), dan nilai dan perilaku (values and behavior) yang diperlukan dalam bidang manajemen risiko. Peserta program ini adalah middle-low managers dan staf baik pada unit manajemen risiko maupun unit-unit kerja lainnya.

 

Uraian dan Keunikan Program

Enterprises Risk Management Basic Program disampaikan dengan mengkombinasikan pendekatan pengajaran, workshop dan diskusi, menggunakan multimedia sebagai sarana penyampaian. Diharapkan pendekatan ini memungkinkan peserta menyerap materi yang diajarkan secara efektif dalam jangka waktu yang tersedia. Keunikan dari program ini terletak pada ruang lingkup materi yang mencakup pembahasan tentang dua standar internasional manajemen risiko (COSO dan ISO); memperkenalkan statistik terapan dalam manajemen risiko yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta yang tidak memiliki latar belakang statistik, dan didukung oleh fasilitator dengan pengalaman luas dan sertifikasi internasional di bidang manajemen risiko.

 

Silabus Basic Program

Pre – Training

Pre-test

1 jam

Jadwal Training

No

Hari Ke-

Program

Durasi

1

I

Dasar-dasar dan Prinsip Manajemen Risiko

2 jam

2

I

Pengenalan COSO Enterprise Risk Management Integrated Framework

4 jam

3

II

Pengenalan ISO 31000:2009 Risk Management International Standard

4 jam

4

II

Risk and Control Self-Assessment/RCSA

2 jam

5

III

Pengenalan Statistik untuk Manajemen Risiko

2 jam

6

III

Tipologi Risiko: Risiko Strategik/Bisnis, Risiko Finansial (Risiko Pasar, Kredit, dan Risiko Likuiditas) dan Risiko Operasional (termasuk Risiko Legal dan Risiko Proyek)

4 jam

7

IV

Risk Governance dan Pengendalian Internal

2 jam

8

IV

Business Continuity

2 jam

9

IV

Sistem dan Impelementasi Manajemen Risiko

2 jam

10

V

Komunikasi, Sistem Informasi dan Pelaporan

2 jam

11

V

Diskusi Kasus

2 jam

12

V

Presentasi Makalah

2 jam

 

Post Training:

Ujian Final, Kode Etik

2 jam

 

Deskripsi Program

1. Pre-test

Ujian ini dilaksanakan sebelum program dilaksanakan. Melalui pre-test, tingkat kesiapan dan pemahaman peserta diukur untuk dapat dibandingkan dengan hasil akhir yang dicapai peserta melalui Final Test yang akan dilaksanakan diakhir program.

Fasilitator: Tim School of RM

2. Dasar-dasar dan Prinsip Manajemen Risiko

Dasar-dasar dan Prinsip Manajemen Risiko adalah materi program basic. yang menyajikan kepada peserta pemahaman mengenai risiko dan manajemen risiko. Tujuan materi ini adalah membangun pemahaman yang memadai mengenai pengertian dan ruang lingkup pembahasan manajemen risiko yang dicakup dalam program basic.

Instruktur: Drs. Deddy Jacobus, CCSA

3. Pengenalan COSO Enterprise Risk Management Framework

Materi ini menyajikan konsep ERM, framework dan implementasinya berdasarkan COSO Enterprise Risk Management Framework (2004). Tujuan materi ini adalah untuk membekali peserta dengan pemahaman dasar mengenai Enterprise Risk Management dalam konteks COSO framework

Instruktur: Hari Setianto, PhD., CCSA, Direktur YPIA

4. Pengenalan ISO 31000:2009 Risk Management International Standard

ISO 31000:2009 adalah standar internasional untuk manajemen risiko. Materi ini menjabarkan sistem manajemen risiko yang diperkenalkan ISO 31000:2009 mencakup kebijakan, kerangka implementasi dan perbaikan berkelanjutan dan proses manajemen risiko.

Instruktur: Drs. Deddy Jacobus, CCSA

5. Risk and Control Self-Assessment (RCSA)

RCSA merupakan proses dan metode yang dipandang paling efektif untuk membangun rasa memiliki/tanggung jawab terhadap risiko dan pengelolaannya. Materi ini disajikan untuk melengkapi peserta dengan pemahaman dasar mengenai RCSA dan penerapannya di organisasi.

Instruktur: Hari Setianto, PhD., CCSA, Direktur YPIA

6. Pengenalan Statistik untuk Manajemen Risiko

Materi ini menyajikan statistik terapan untuk mereka yang tidak berlatar belakang ilmu statistic dan menyajikan berbagai contoh pengunaan statistik sebagai ‘ilmu alat’ yang sangat penting yang dapat digunakan oleh manajer dan profesional di bidang manajemen risiko untuk mengukur, merespon dan menilai risiko dan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Instruktur: Drs. Deddy Jacobus, CCSA

7. Tipologi Risiko

Tipologi risiko menyajikan pembahasan mengenai berbagai jenis risiko yang dikenal saat ini seperti risiko strategik, risiko pasar, risiko kredit, risiko operasional, risiko proyek, dan lain-lain. Tujuannya untuk membangun pemahaman di antara peserta mengenai jenis-jenis risiko, bagaimana mengukur dan mengembangkan penanganannya.

Instruktur: Herwan Ng, MBA, CIA, CPA

8. Risk Governance dan Pengendalian Internal

Manajemen risiko hanya efektif bila diterapkan dalam konteks tatakelola dan pengendalian internal yang efektif. Sebaliknya manejemen risiko juga memungkinkan terbentuknya sistem tatakelola dan pengendalian internal yang andal. Materi ini menyajikan kepada peserta pemahaman mengenai arti penting dan keterkaitan antara proses tatakelola, struktur dan proses manajemen risiko dan sistem pengendalian internal.

Instruktur: Phil Leifermann, MBA, CIA, CCSA

9. Komunikasi, Sistem Informasi dan Pelaporan

Materi ini menjabarkan mengenai arti penting dan mekanisme komunikasi risiko baik secara internal maupun dengan pihak eksternal yang didukung dengan sistem informasi dan proses serta standar pelaporan yang memadai.

Instruktur: Alan Yazid, MBA

10. Business Continuity

Kegiatan bisnis senantiasa dihadapkan pada kemungkinan terjadinya unexpected shutdown karena serangan teroris, kegagalan sistemik, dan bencana alam yang harus direspon organisasi dengan mengembangkan business continuity plan atau disebut juga business contingency plan. Materi ini menjabarkan mengenai pengertian tentang business continuity, strategi dan perencanaan yang harus dikembangkan organisasi.

Instruktur: F. Antonius Alijoyo, MM, MBA

11. Sistem dan Implementasi Manajemen Risiko (Sharing of Experience)

Merancang framework dan program implementasi manajemen risiko membutuhkan pendekatan top-down yang sistemik dan holistik. Materi ini menjabarkan pra-kondisi dan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan dalam organisasi baik yang sedang dalam tahap awal implementasi maupun yang sudah berjalan dalam penerapan manajemen risiko.

Instruktur: Berganti-ganti dari berbagai perusahaan

12. Diskusi Kasus

Diskusi Kasus dimaksudkan untuk mempertajam pemahaman peserta mengenai cakupan, tantangan, dan pengalaman berbagai organisasi yang telah menerapkan manajemen risiko baik di dalam maupun di luar negeri.

Instruktur: Partogian, Drs., SE., MBA

13. Presentasi Makalah

Sejak awal program peserta telah diminta untuk mempersiapkan atau mengangkat sebuah permasalahan yang terkait manajemen risiko yang ditemukannya di dalam organisasi tempatnya bekerja untuk dicarikan solusi selama progam ini berjalan. Dalam kesempatan Presentasi Makalah peserta diminta untuk menyajikan permasalahan dan solusi yang diangkatnya dan mendiskusikannya dengan pesera lainnya. Diharapkan permasalahan dan solusi dianalisis secara memadai.

Fasilitator: Muhamad Fajri, SH., MCn.

14. Ujian Final dan Kode Etik

Ujian Final dimaksudkan untuk mengukur kembali tingkat capaian peserta dalam pemahaman maupun penerapan manajemen risiko yang telah didapatkannya selama mengikuti program basic. Ujian Final diikuti dengan penandantanganan kode etik sebagai lulusan  School of Risk Management dengan tujuan untuk membangun kesadaran peserta bahwa manajemen risiko tanpa nilai-nilai etika tidak akan berjalan efektif.

 

Fasilitator: Tim School of RM

Faculty Members (alfabetis):

  1. Alan Yazid, MBA (GM IT Department, Bank Ekspor Indonesia)

  2. Deddy Jacobus, Drs., CCSA (Senior Consultant, CEO Risk Frontier)

  3. F. Antonius Alijoyo, MM, MBA (Regional Director PRMIA)

  4. Hari Setianto, Ph.D, CCSA (Director YPIA)

  5. Herwan Ng, MBA, CIA, CPA (Risk Management Head, Rio Tinto)

  6. Mohamad Fajri, SH, MCn (Partner,  Consulting Group)

  7. Partogian, Drs., SE, MBA (Konsultan dan Dosen, Universitas Pelita Harapan)

  8. Phil Leifermann, MBA, CIA, CCSA (CEO, Insight Consulting)

  9. Sahala Sianturi, SE, MM (Senior Partner, Risk Frontier)

  10. Tirmizi Taridi, MBA (Director, Consulting Group)

 

Biaya Program :
Biaya untuk program School of Risk Management ini adalah sebesar Rp 6.750.000,- per orang,- Biaya tersebut sudah termasuk:

  1. Makan siang dan 2 x coffee break setiap hari training
  2. Materi training dalam bentuk hard copy dan soft copy serta back packer
  3. Biaya Ujian
  4. + Discount 50% bagi Peserta ke 4 dari Satu Perusahaan yang Sama


Include

  • 1 Kali Makan Siang
  • 2 Kali Coffee Break
  • Makalah
  • Sertifikat

 

Date
Monday – Friday | 26 – 30 Jul, 2010 | 09:00-16:00 WIB

 

Venue
Learning Centre
Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta

 

Tentang Course Instructors

Drs. Deddy Jacobus, CIR, CCSA.. Mr

Beliau adalah trainer Certified in Control Self-Assessment (CCSA), the Institute of Internal Auditors, Florida, USA., Founder and Technical Advisor, JPM & Partners, perusahaan konsultan pelatihan manajemen, certified training provider Badan Sertifikasi Manajemen Risiko. Eksekutif di Indonesian Risk Professional Association (IRPA), asosiasi para professional manajemen risiko. Selain itu memiliki berbagai pengalaman sebagai Konsultan, diantaranya konsultan Enterprise Risk Management (ERM) untuk pengembangan Pedoman, perancangan struktur organisasi dan SOP untuk Implementasi ERM di PT Sucofindo (Persero), Konsultan pengembangan standard operating procedures (SOP) untuk penerapan Kode Etik Manajemen Risiko, Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR). Pengalaman lain adalah sebagai Instruktur Risk Awareness Building di PT PLN (Persero) Kantor Pusat, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Samudera Indonesia, Konsultan dan Project Manager IRPA untuk Risk Awareness Building di PT Bank Bumiputera Tbk, Konsultan untuk ERM di PT Askes (Persero), PT Sucofindo, PT Jamsostek, Perum Pegadaian, Perum Perhutani.


Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

Posted in: Run On July 2010

About the Author:

Post a Comment