By July 24, 2014 0 Comments Read More →

Sistem Manajemen SDM berbasis Kompetensi

Sistem Manajemen SDM berbasis Kompetensi

Aryaduta Hotel Semanggi / Swiss-Belhotel, Jakarta | 26 – 27 Agustus 2014 | Rp. 3.795.000
Aryaduta Hotel Semanggi / Swiss-Belhotel, Jakarta | 14 – 15 October 2014  | Rp. 3.795.000,-
Aryaduta Hotel Semanggi / Swiss-Belhotel, Jakarta | 16 – 17 Desember 2014 | Rp. 3.795.000

 

 

PENGANTAR

Kita sering mendengar adagium tentang sumber daya manusia adalah aset terpenting di dalam perusahaan. Namun dalam prakteknya tidak mudah bagi perusahaan untuk menjadikan SDM sebagai aset yang bermanfaat. Pada kenyataannya, masih banyak perusahaan yang menganggap bahwa SDM atau pegawai adalah tenaga kerja yang berfungsi sebagai alat produksi semata. Peristiwa yang terjadi di Batam baru-baru ini dan di tempat lainnya telah membuka mata kita bahwa praktek manajemen SDM konvensional mengakibatkan terjadinya konflik berkepanjangan antara manajemen dan pegawai yang berdampak desttuktif bagi perusahaan dan pegawai. Seandainya saja pimpinan perusahaan tersebut mau saja menerapkan sistem manajemen SDM berbasis kompetensi, maka peristiwa di atas tidak akan terjadi sebab di dalam filosofi manajemen tersebut, pegawai adalah manusia yang memiliki kebutuhan, harapan yang perlu didengar seiring dengan potensi dan kompetensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai prestasi dan kinerja perusahaan.

Di dalam sistem manajemen SDM berbasis kompetensi dibahas tentang bagaimana konsep kompetensi dipergunakan dalam rekrukmen/seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, serta pemberian imbalan berbasis kompetensi. Dengan menerapkan sistem ini, maka masa depan perusahaan akan mampu meningkatkan kinerja dan menghadapi tantangan persaingan bisnis.

 

TUJUAN

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep sistem manajemen SDM berbasis kompetensi kepada peserta pelatihan
  2. Memberikan rekomendasi tentang penyempurnaan kebijakan SDM dan pemecahan masalah atas implementasi sistem manajemen SDM berbasis kompetensi sehingga tercipta employee engagement yang tinggi

OUTLINE :

  1. Isu Kompetensi dan Manajemen SDM berbasis Kompetensi
  2. Manajemen Kompetensi
  3. Keluarga Jabatan
  4. Model Kompetensi
  5. Standar Kompetensi
  6. Profil Kompetensi Jabatan
  7. Kamus Kompetensi
  8. Implementasi Manajemen SDM berbasis Kompetensi

METODE PELATIHAN

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Games
  4. Tugas Individual dan Kelompok

SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI?

Untuk dapat menerapkan sistem manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi secara efektif, maka yang perlu hadir dalam pelatihan ini adalah para pimpinan dan staf dalam bidang sumber daya manusia dan konsultan dan akademisi yang berperan dalam membantu memecahkan persoalan organisasi dan perusahaan.

 

 

Workshop Leader :

Hendra Kusnoto 

Hendra Kusnoto adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1984. Pada tahun 1986 ia melanjutkan studi di Fakultas Pasca Sarjana UGMjurusanPsikologiPerkembangan. Di tahunitu pula Sdr. Hendra Kusnoto bergabung dengan Universitas Persada Indonesia “YAI’ dan mendirikan Fakultas Psikologi swasta pertama di Indonesia. Ia juga sempat menjadi dekan dan mengajar di fakultas itu pada tahun 1987 – 1989. Pada masa itu beliau termasuk dekan termuda di Indonesia. Selama mengajar, Sdr. Hendra Kusnoto mempelajari ilmu manajemen bisnis secara otodidak. Pada tahun 1989 yang bersangkutan bekerja di PT Antam. Di perusahaan ini beliau aktif dalam bidang sumber daya manusia. Pada tahun 1996 beliau studi di bidangManagementand Business Administration di Melbourne University, Australiadanbeliausempatmengikuti program magangdanbekerja di perusahaanterkemuka Australia (Broken Hill Propriety/BHP). Sekembalinya dari studi di Australia Sdr.Hendra Kusnoto menulis buku berdasarkan hasil penelitian di perusahaan-perusahaan yang ada di Australia. Buku tersebut berjudul “Praktek Manajemen Terbaik di Dunia” dan diterbitkan oleh Gramediapadatahun 2001.

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis dan sumber daya manusia, pada tahun 1996 Sdr. Hendra Kusnoto ditunjuk sebagai salah satu anggota tim IPO (inital public offering) untuk mempersiapkan PT Antam menjadi perusahaan publik. Sejak saat itu beliau selalu terlibat dalam tim strategis baik dalam bidang pengembangan usaha maupun sumber daya manusia. Karena hobi belajarnya tidak pernah berhenti, beliau mempelajari manajemen perubahan baik secara otodidak maupun pelatihan-pelatihan di dalam dan luar negeri. Walaupun Sdr. Hendra Kusnoto pernah studi di negeri kangguru, namun beliau merasa belum puas, sehingga pada tahun 1998 beliau belajar mengenai manajemen bisnis internasional di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetya Mulya, Jakarta.

Pada tahun 2000, berbekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang manajemen bisnis, sumber daya manusia dan manajemen perubahan beliau dipercaya oleh pimpinan PT Antam Tbk untuk memimpin tim manajemen perubahan untuk memantapkan posisi PT Antam Tbk sebagai perusahaan yang mampu menjadi perusahaan kelas dunia. Untuk tujuan tersebut beliau mempelajari balanced scorecard langsung dari penciptanya, yaitu Dr. David Norton. Perannya dalam bidang manajemen perubahan tersebut turut mampu menjadikan PT Antam Tbk menjadi perusahaan terkemuka.

Sejak tahun 2006 Sdr. Hendra Kusnoto bergabung dengan beberapa perusahaan konsultan yang bergerak dalam bidang manajemen strategis, manajemen perubahan, good corporate governance dan manajemen sumber daya manusia, disamping itu beliau secara pribadi juga berperan sebagai advisor yang memberikan pelatihan dan konsultasi di beberapa perusahaan baik nasional maupun asing. Perusahaan-perusahaan yang  pernah ditangani a.l. Jasa Marga, Jasa Raharja, PGN, PTPN IX, Swedish Match dan lain-lain. Untuk menjalankan tugas tersebut beliau memperoleh ijin khusus dari pimpinan perusahaan. Di PT Antam Tbk sendiri, akhir-akhir ini beliau ditunjuk sebagai advisor direksi dalam bidang good corporate governance, manajemen transformasi dan sumber daya manusia.

 

Training Fee

  • Rp. 2.750.000, –  (Registration 3 person/more; payment 1 week before training)
  • Rp. 3.050.000, –  (Reg 2 week before training  payment 1 week before training)
  • Rp. 3.450.000, –  (On The Spot; payment at the latest training)
  • Rp. 3.795.000, –  (Full Fare)
Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

About the Author:

http://www.twitter.com/avisdjamal

Post a Comment