PERSIAPAN PURNAKARYA DAN MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN – YOGYAKARTA

PERSIAPAN PURNAKARYA DAN MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN

Hotel Inna Garuda**** Jl. Malioboro Yogyakarta,| 10 – 13 Mei 2011 | 08.00 – 16.00 WIB | 6.500.000,-

 

DESKRIPSI

Pensiun atau purna karya bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai sebuah kenyataan yang tidak menyenangkan sehingga menjelang masanya tiba sebagian orang sudah merasa cemas karena tidak tahu kehidupan seperti apa yang akan dihadapi dikemudian hari.

Ketakutan akan kehilangan hal tersebut atau post power syndrome dapat dialami oleh calon pensiunan. Oleh karenanya, sering terjadi orang yang pensiun bukannya bisa menikmati masa tua dengan hidup santai, sebaliknya, ada yang malahan mengalami problem serius (kejiwaan atau pun fisik). Selain aspek psikologis, beberapa perubahan yang dapat berakibat kurang baik apabila tidak dikelola dengan baik adalah aspek kesehatan, baik kesehatan mental maupun fisik.

Salah satu yang perlu ditekankan kepada calon pensiunan adalah, masa pensiun bukanlah akhir dari segala-galanya sehingga tidak melakukan aktifitas seperti sedia kala. Akan tetapi, dengan pensiun diharapkan calan pensiunan diharapkan dapat menciptakan aktifitas yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun lingkungan, utamanya jika dapat menciptakan alternatif pendapatan. Untuk menyiapkan hal tersebut dibutuhkan berbagai bekal pengetahuan maupun keterampilan termasuk di dalamnya pengetahuan berbagai tren usaha yang berkembang serta perencanan pengelolaan keuangan.


PESERTA

Seluruh staf dan karyawan yang akan memasuki masa pensiun bersama suami/istri masing – masing.


METODE

Presentation, Discussion, Case Study, Kunjungan ke usaha percontohan


MATERI

1. Psikologi Usia dan Hari Tua dan Manajemen Diri (Kajian Psikologi)

Pada masa pensiun perubahan-perubahan yang tidak biasa akan dialami oleh para pensiunan. Perubahan lingkungan dan sosial sudah pasti berubah, kebiasaan pagi berangkat kantor dan pulang pada sore harinya sudah tidak lagi dilakukan. Hal ini menjadikan para pegawai yang akan pensiun membayangan setelah pensiun tidak banyak lagi aktifitas yang dilakukan menjadikan setiap orang yang akan pensiun merasa cemas dan khawatir. Oleh karena itu pada sesi ini akan diberikan pembekalan kesiapan mental dan psikologis dalam mengatasi kecemasan tersebut sehingga setelah pensiun para peserta sudah memiliki bayangan kegiatan positif yang akan dilakukannya. Disamping itu juga diberikan materi tentang membina kehidupan keluarga bahagia yang diidam-idamkan oleh kebanyakan orang.

2. Hidup Sehat dan Bugar di Usia Lanjut

Pada masa pensiun, mayoritas sudah berusia lebih dari 50 tahun,  kemampuan aktifitas fisik tidak lagi sekuat waktu masih muda, sehingga aktifitas berolahraga sudah mulai berkurang. Hal ini semakin memudahkan beberapa penyakit yang banyak menyerang pada semakin Diabetes, Jantung, Gagal Ginjal, Hipertensi & Stroke, Reumatik, bahkan sampai pada Impotensi.

Dalam materi ini akan dibahas bagaimana selalu tetap sehat diusia tua dan akan diberikan tips-tips bagaimana menghindari penyakit-penyait tersebut diatas sehingga para pensiunan menikmati masa pensiun dengan kondisi sehat.

3. Manajemen Keuangan dan Konsep Kewirausahaan

Kecemasan yang di rasakan oleh karyawan menjelang pensiun adalah berkurangnya penghasilan,kesenjangan ini otomatis akan mengubah gaya hidup yang pasti sulit dilakukan karena telah menjadi kebiasaan. Hal pertama yang bisa di lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup atau restrukturisasi gaya hidup. Dengan prinsip keuangan need dan bukannya want, pola pembelajaran sehari-hari berdasarkan prinsip rasionalitas dan urgensi. Atau dengan menambah penghasilan dengan alternative berwirausaha.

Materi kewirausahaan ini merupakan materi yang lebih banyak porsinya dibanding ketiga materi sebelumnya. Pada materi ini pembahasan lebih ditekankan pada pembentukan jiwa kewirausahaan mengingat para pensiunan adalah sebelumnya terbiasa dengan karakter sebagai pegawai yang setiap bulan menerima gaji. Disamping itu pembahasan tentang peluang-peluang usaha yang beresiko rendah lebih disarankan kepada peserta.

Pada materi ini juga akan diberikan tips bagaimana memanajemen uang pesangon apabila akan digunakan untuk berinvestasi atau membuka usaha, peluang-peluang usaha baru, Perencanaan bisnis, Bisnis retail dan franchise, agribisnis dll.

4. Pembelajaran ke Sentra Bisnis & Berbagi pengalaman dengan pengusaha dari pensiunan pegawai

Pada sesi ini, kami mengajak para peserta berkunjung ke usaha-usaha yang sudah berjalan dan memberikan hasil kepada pemiliknya. Sehingga para peserta dapat berdiskusi langsung dengan pemilik usaha seputar bagaimana membuat dan menjalankan sebuah usaha dll.

Adapun Jenis-jenis usaha yang akan dikunjungi diantaranya :

  1. Usaha pembuatan coklat “Coklat Monggo”
  2. Usaha budidaya ikan air tawar
  3. Usaha budidaya tanaman hias
  4. Usaha budidaya jamur “Jejamuran”
  5. Usaha bengkel motor
  6. Usaha catering
  7. Usaha peternakan/penggemukan sapi & kambing
  8. Agribisnis buah naga


5. Senam pagi sebelum pelatihan

Setiap peserta diwajibkan mengikuti olahraga setiap pagi selama pelatihan berlangsung, hal ini adalah salah satu kegiatan dalam mengaplikasikan materi yg akan disampaikan dalam materi Manajemen Kesehatan di Usia Lanjut. Sehingga Setelah pelatihan para peserta benar-benar memahami arti penting kesehatan dimasa pensiun.


INSTRUKTUR

  1. Drs. H. Bambang Toto Udjiantoro, MM.,Psikolog (Manajemen Psikologi)
  2. dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes., Sp.S (Manajemen Kesehatan)
  3. Dr. Drs. H. Fauzan Asmara, M.M. (Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan)
  4. Para pemilik usaha/bisnis yg dikunjungi.


WAKTU & TEMPAT

  • 10 – 13 Mei 2011
  • 08.00–16.00WIB
  • Hotel Inna Garuda**** Jl. Malioboro Yogyakarta,


INVESTASI

  • Biaya pelatihan per pasang (suami – istri) sebesar Rp. 6.500.000,- per pasang (suami – istri). Semua biaya tersebut sudah termasuk pajak – pajak.

 

FASILITAS

Certificate, Training Kit, Module / Handout, Lunch, Coffee Break, Souvenir


Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • TwitThis
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Google Bookmarks
  • Y!GG
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • MySpace
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • YahooBuzz

About the Author:

Post a Comment

Switch to our mobile site