Developing Company’s Own IT System with Open Source

Developing Company’s Own IT System with Open Source_2nd Batch

(Open Source is not only Linux)

Executive Club/Hotel* | June 14th, 2008 | Rp 1.950.000,- ( Full Fare )

Open Source adalah suatu alternatif strategis dalam manajemen IT di suatu Perusahaan. Open Source lebih dari sekedar Linux. Bahkan aplikasi bisnis internal perusahaan Anda-pun dapat menjadi open source tanpa Linux sama sekali! Dari mulai diperkenalkannya beberapa tahun yang lalu, sudah mulai banyak Perusahaan yang menggunakannya. Pengembangan sistem IT dengan Open Source memiliki keuntungan bagi Perusahaan salah satunya karena Perusahaan mengetahui disain pemrograman yang ada di belakang setiap software Open Source.

Open Source sendiri adalah suatu keniscayaan. IDC (www.idc.com – lembaga research independen terpercaya) memperkirakan bahwa Open Source akan menjadi salah satu penggerak utama dalam model bisnis IT di tahun 2008. pesta olahraga Olimpiade Beijing, sebagaimana olimpiade-olimpiade lainnya yang menjadi ajang unjuk kecanggihan teknologi informasi, juga diperkirakan akan fully supported by open-source.

Frank Gens, Senior Vice President of Research di IDC menyebutkan akan adanya apa yang dia sebut sebagai the open source effect, yaitu akselerasi atas bisnis model mengandalkan ‘open innovation’ pada pengembangan layanan dan produk IT, di mana hal ini akan mendorong hampir sebagian besar vendor-vendor IT dan Industri Telekomunikasi untuk segera menyesuaikan strategi mereka memasuki 2008. Gens juga menyebutkan bahwa mulai 2008 para IT leader (Microsoft, IBM, Oracle, SAP, dll) akan lebih focus untuk mengembangkan komunitas open innovation karena mereka menyadari bahwa bisnis proprietary mulai ditinggalkan oleh pasar yang akan lebih dipimpin oleh model inovasi berbasis komunitas (mis. open source).

Dari sisi government, dominasi Open-Source akan mulai menguat dengan diawali dari China (macan industri baru, negara yang ditakuti Amerika akan menjadi Silicon Valley berikutnya setelah Amerika dan India). Indonesia sendiri, walau masih agak gamang tapi telah meluncurkan program IGOS – Indonesia Goes Open Source! – yang juga didukung oleh banyak perusahaan. Senat Amerika juga mulai mendorong penggunaan open source di dalam pengelolaan pemerintahan, memanfaatkan sisi security dan support dari komunitas.

Kenapa Open-Source diperkirakan akan menjadi model bisnis yang memimpin pasar mendatang? Benarkah Open-Source yang dulu lebih dikenal sebagai software gratisan dapat menggerakkan bisnis? Apakah yang dapat kita lakukan agar dapat mengambil bagian dalam bisnis tersebut?

Dalam workshop kali ini akan dipelajari apa yang disebut open source, model lisensi yang berlaku, benarkah open source tidak memberikan jaminan produk, kenyataan bahwa bahkan proprietary software juga sebenarnya tidak memberikan jaminan atas penggunaan produknya, bagaimana membuat bisnis milliaran dari open-source yang lebih dikenal sebagai free-softwares, dan yang paling penting adalah bagaimana merencanakan migrasi dari proprietary ke open-source maupun meningkatkan daya saing perusahaan dengan memanfaatkan open source.

Objective

  • Memahami konsep open source dan mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan daya saing bisnis perusahaan.
  • Memahami adanya pergeseran konsep di dalam bisnis IT dan mampu mengantisipasi untuk menekan cost dan mendorong revenue semaksimal mungkin
  • dengan memanfaatkan open-source
  • Skenario migrasi dari proprietary ke open-source dengan minimalisasi risiko
  • Memahami peluang-peluang yang timbul dari open-source dan bagaimana menangkap serta memenangkan bisnis open-source.

Outline

  • Open Source, a paradigm (overview, definisi, sejarah, penggerak, istilah dan definisi).
  • Open Source & Business Opportunity (Model Business Open Source and bagaimana memanfaatkannya untuk meningkatkan daya saing perusahaan atau
  • justru menciptakan new revenue generator bagi perusahaan).
  • Legal Aspect of Open Source (learn legal aspect of Open-Source, compare to proprietary system).
  • Perencanaan Migrasi dari Proprietary ke Open-Source
  • Creating Businesses with Open Source (why Open Source become popular, what is the strength, weakness, opportunity, & threat)
  • Lead the Market – powered by Open Source.

Target Participant

  • CEO, CIO, IT/IS/IM Manager, Project Manager, IT Supervisor
  • Para market leader yang concern untuk mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sumber daya berbasis komunitas.

Workshop Leader

Hadibowo

Sejak 1996, Hadibowo telah aktif mengembangkan IT security management maupun business process internal, serta memimpin proyek implementasi open-source secara nasional di suatu perusahaan. Selain aktif memberikan seminar, pelatihan, workshop baik internal maupun eksternal/international, ia kini sebagai praktisi IT dari R&D salah satu BUMN besar di Indonesia.

Venue

Workshop akan dilaksanakan di Hotel Grand Flora (Kemang) / Arcadia / IBIS /Twin Plaza / Kartika Chandra / hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

Training Fee

Rp 1.250.000,- ( Pendaftran 3 org/lebih ; Payment before June 9th, 2008 )

Rp 1.450.000,- ( Registration May 30th ; Payment before June 9th, 2008)

Rp 1.950.000,- ( Full Fare )

Formulir Permintaaan Informasi Lanjutan / Pra-Pendaftaran Public Training
  1. INFORMATION OPTIONS
  2. (required)
  3. (required)
  4. PERSONAL DATA
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. (valid email required)
  9. (required)
  10. (required)
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. (required)
  13. MESSAGE FOR TRAINING PROVIDER
 

cforms contact form by delicious:days

About the Author:

Post a Comment